Goa Cerme - Jogjakarta

Jarak dari Goa Cerme sekitar 25 kilometer dari Kota Yogyakarta. Di Dalam Goa Cerme ada terdapat aliran air terjun yang sangat indah. Adapun air terjun yang terdapat dalam salah satu kamar di Goa Cerme bernama air terjun Grojogan Sewu.

Panjang dari Goa Cerme ini sekitar 1.300 meter dan memiliki dua pintu masuk, yakni melalui Luweng Ploso di Desa Giritirto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul dan melalui jalur yang biasa dipakai oleh wisatawan yang berada tepat di mulut Goa Cerme.

Untuk masuk ke Goa Cerme ini, pengunjung perlu peralatan khusus seperti helm speleo dan senter. Pengunjung juga perlu didampingi orang yang mengenal betul lorong-lorong di dalam goa, sebab ada banyak simpangan yang cukup menyesatkan. Antara lain percabangan di Goa Pandu, di bawah air terjun Grojogan Sewu, dan lorong buntu Air Suci.

Nama cerme kabarnya diambil dari kata ceramah. Sebab Goa Cerme ini pernah menjadi tempat pertemuan para wali yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Sejak tahun 1980-an, Goa Cerme sudah dikenal sebagai Goa wisata yang banyak dikunjungi.