Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi dieng sejatinya merupakan kaldera raksasa dari gunung berapi yang masih aktif, sehingga tidak aneh jika di dataran tinggi Dieng banyak terdapat kawah-kawah yang masih meneymburkan belerang. Ketinggian rata-rata daerah ini lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut, suhunya sangat dingin, bahkan di musim kemarau sekitar bulan Juli dan Agustus suhu udara dapat mencapai 0 derajat celcius sehingga menimbulkan es yang menempel di tanaman ladang penduduk, masyarakat setempat menebutnya sebagai “bun upas” atau embun yang beracun, karena biasanya tanaman menjadi rusak karena membeku.

Terletak di kawasan Wonosobo dan Banjarnegara, sekitar 180 Km dari kota Yogyakarta, kawasan Dieng bisa dikatakan cukup jauh untuk dapat dijangkau dengan mudah oleh wisatawan, namun keindahan alamnya serta daya tarik wisata yang ada seolah tidak menjadikan penghalang bagi wisatawan baik lokal maupun internasional untuk mengunjungi kawasan ini. Kebanyakan wisatawan datang dari kota Yogyakarta, mungkin karena kota Jogja merupakan kota terdekat yang bisa dijangkau melalui penerbangan baik domestik maupun mancanegara, walaupun wisatawan masih harus menempuh jarak lebih dari 150 Km melalui perjalanan darat.

Terdapat beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi selama berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, di antaranya ialah beberapa kawah, danau telaga warna dan beberapa candi peninggalan masa lampau. Saya tidak akan menceritakan detailnya satu persatu karena sebaiknya andalah yang merasakan keindahannya sendiri. Untuk anda yang bersedia sedikit bersusah payah dengan bangun sangat pagi dan mendaki gunung Sikunir kurang lebih selama 45 menit, anda dapat melihat pemandangan matahari terbit yang sangat menakjubkan dari puncak gunung Sikunir, dalam perjalanan pulang anda akan melihat pemandangan danau dan berada di desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa. Puncak Gunung Sikunir memiliki ketinggian 2.263 meter di atas permukaan laut, jangan lupa untuk menyiapkan jaket tebal karena suhu di puncak cukup dingin.

Untuk anda yang hobi bertualang, mungkin bisa mencoba mendaki gunung Prahu masih di dalam kawasan Dieng. Gunung ini merupakan salah satu puncak dari Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.565 Meter di atas permukaan laut. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai puncaknya, bayarannya ialah pemandangan indah padang rumput nan luas dilatarbelakangi puncak-puncak gunung di Jawa Tengah. Tempat ini juga sering dijuluki sebagai bukit teletubbies karna bentuk bukit-bukitnya sangat mirip dengan yang ada di film itu.